Urbie’s, pernah kebayang nggak kalau warna rel kereta api bisa bikin suhu jadi lebih adem? Inovasi unik ini sedang diuji coba di São Paulo, Brasil! Via Mobilidade, perusahaan yang mengoperasikan kereta api di kota terbesar negara itu, punya cara baru buat mengatasi gelombang panas ekstrem: mengecat rel dengan warna putih.
Kenapa Rel Harus Dicat Putih?
Gelombang panas yang semakin intens bisa bikin rel memanas, bahkan sampai melengkung akibat pemuaian. Ini bukan sekadar masalah teknis, tapi juga bisa menyebabkan kereta tergelincir, seperti yang terjadi minggu lalu di Rio de Janeiro. Saat itu, suhu rel tercatat mencapai 71°C, dan meski nggak ada korban luka, insiden ini jadi alarm serius buat sistem transportasi Brasil.
Nah, Via Mobilidade nggak tinggal diam. Mereka melakukan eksperimen dengan mengecat rel sepanjang 35 kilometer menjadi putih. Tujuannya? Supaya rel tidak menyerap terlalu banyak panas. Hasil awalnya cukup menjanjikan! Cat putih ini mampu menurunkan suhu rel hingga 6°C. Walaupun nggak bisa menghilangkan semua dampak cuaca ekstrem, setidaknya solusi ini bisa mengurangi risiko deformasi rel yang bisa berbahaya bagi perjalanan kereta.
Baca juga:
- Foresthree Coffee & Kitchen, Franchise dengan Filosofi Pohon Kehidupan
- Ini yang Harus di Lakukan Anak Muda Agar Tidak Ikut-Ikutan Tren #KaburAjaDulu
- Erspo Rilis Jersey Tandang Timnas Indonesia, Tampil Elegan dengan Ornamen Garuda di Bahu
Dampaknya untuk Penumpang
Jalur yang dioperasikan Via Mobilidade melayani 800.000 penumpang setiap hari, jadi inovasi ini bisa berdampak besar dalam menjaga keamanan dan kenyamanan perjalanan mereka. Tahun lalu saja, terjadi 20 kasus rel melengkung akibat panas ekstrem. Dengan uji coba ini, harapannya kejadian seperti itu bisa dikurangi.
Menurut Santana Zipaura, pemimpin proyek ini, meskipun rel kereta api cat putih ini bukan solusi mutlak, tapi efeknya cukup membantu. Proyek ini dijadwalkan selesai pada akhir bulan, dan kalau terbukti efektif, mungkin bakal diterapkan di lebih banyak jalur.
Tren Global?
Sebenarnya, metode serupa juga sudah pernah diuji di beberapa negara lain. Mengecat permukaan dengan warna terang bukan cuma berlaku untuk rel, tapi juga untuk jalanan dan atap bangunan guna mengurangi efek panas. Kalau hasilnya positif, siapa tahu metode ini bisa diterapkan di negara lain yang juga mengalami gelombang panas ekstrem.
Gimana menurut urbie’s? Bisa jadi inspirasi buat inovasi transportasi di Indonesia juga, nih!