Hi Urbie’s! Ada kabar gembira dari ASUS yang mengumumkan masa garansi lebih panjang untuk beberapa lini produk laptop-nya, yaitu Zenbook, ProArt, Vivobook S dan Vivobook Flip.
Ya, pengguna yang membeli salah satu dari empat lini laptop tersebut dapat menikmati garansi internasional sepanjang tiga tahun dan berlaku di 114 negara seluruh dunia. Adapun di Indonesia saat ini sudah memiliki 140 service center yang tersebar di berbagai provinsi.
“Menghadirkan produk serta layanan terbaik adalah komitmen ASUS sejak awal. Untuk itulah kali ini kami menghadirkan garansi internasional tiga tahun untuk pengguna ASUS Zenbook, ProArt, dan Vivobook S,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director dalam keterangan tertulisnya.
Hal tersebut diamini pula oleh Head of PR Asus Indonesia Muhammad Firman dalam acara “45+ TOPS NPU Advanced Series with 3 Years International Warranty” di Jakarta, Kamis (17/4/2025).
Ia menambahkan bahwa peningkatan garansi internasional dari dua tahun ketiga tahun ini merupakan bentuk nyata dari komitmen ASUS dalam memberikan perlindungan maksimal dan ketenangan lebih bagi para pengguna setia dari brand laptopnya. “Ke mana pun Anda pergi, ASUS siap melindungi,” kata Firman.

Longer Protection: Garansi Internasional 3 Tahun
Lebih lanjut Firman menuturkan bahwa seluruh pengguna yang membeli laptop ASUS Zenbook, ProArt, Vivobook S dan Vivobook Flip dengan tanggal aktivasi mulai 1 April 2025 akan secara otomatis mendapatkan layanan garansi internasional selama tiga tahun.
Baca Juga:
- BLACKPINK Siap Comeback Juni 2025? Here’s What We Know So Far
- Kelingking Beach Nusa Penida Masuk Daftar Pantai Terbaik Dunia 2025—Yuk, Lihat Pesonanya yang Bikin Dunia Terpukau!
- Benarkah Kita Tidak Sendiri? Ini Penemuan Mengejutkan dari Planet 120 Tahun Cahaya!
Garansi ini mencakup perlindungan terhadap segala jenis kerusakan yang bukan disebabkan oleh kelalaian pengguna, termasuk 100% biaya penggantian spare-part dan perbaikan.
“Semuanya bisa dilakukan tanpa batas klaim selama masa garansi masih berlaku,” ujarnya.
Keunggulan utama dari garansi ini, tambah Firman, adalah jangkauan internasionalnya. Artinya, meskipun pengguna membeli laptop ASUS di Indonesia, mereka tetap dapat mengklaim layanan garansi di berbagai negara dengan dukungan resmi dari ASUS selama periode tiga tahun tersebut.
Extra Protection: ASUS VIP Perfect Warranty
Tidak hanya garansi internasional selama tiga tahun, seri Vivobook S dan Vivobook Flip yang sebelumnya di-cover oleh ASUS Perfect Warranty (mencakup 100% biaya perbaikan dan 80% biaya spare part) kini mendapatkan upgrade menjadi ASUS VIP Perfect Warranty (mencakup 100% biaya perbaikan dan spare part), asalkan diaktivasi mulai dari 1 April 2025 dan seterusnya.
“Ini merupakan bukti nyata komitmen ASUS dalam memberikan perlindungan maksimal bagi penggunanya,” ujar Firman.
Sebagai gambaran, ASUS Perfect Warranty ini adalah layanan garansi ekslusif dari ASUS di tahun pertama masa garansi notebook ASUS.
Layanan ini merupakan perlindungan ekstra dimana ASUS akan menanggung 100% biaya jasa perbaikan dan 80% biaya spare part untuk kerusakan-kerusakan yang disebabkan kelalaian pengguna.

ASUS Perfect Warranty mencakup untuk lini ASUS Vivobook, ASUS Gaming, dan ASUS TUF Gaming.
Sementara ASUS VIP Perfect Warranty merupakan layanan premium dimana ASUS akan menanggung 100% biaya jasa perbaikan dan spare part untuk kerusakan-kerusakan yang disebabkan kelalaian pengguna.
Layanan premium ini hadir untuk pengguna ASUS Vivobook Flip, Vivobook S, Zenbook, ProArt, dan ROG.
Complete Protection: ASUS Premium Care
Nah, bagi pengguna yang membutuhkan perlindungan paling lengkap, ASUS juga menyediakan layanan berupa ASUS Premium Care (APC), yaitu program tambahan yang dirancang khusus untuk menghadirkan perlindungan serta layanan ekstra bagi pengguna laptop ASUS di Indonesia.
“APC memiliki sederet manfaat bagi pengguna laptop ASUS, salah satunya adalah perpanjangan garansi internasional menjadi 3 tahun (untuk seri laptop ASUS dengan dua tahun garansi internasional),” jelas Firman.
Selain perpanjangan garansi internasional, sambung dia, APC juga menghadirkan penambahan perlindungan terhadap kerusakan akibat kelalaian pengguna atau accidental damage protection (ADP) hingga tiga tahun.
Melalui ADP yang disertakan pada program APC, pelanggan dapat mengklaim garansi laptop meski kerusakannya diakibatkan oleh kelalaian pengguna, sehingga biaya perbaikan dan spare part ditanggung seluruhnya oleh ASUS.
“Dalam paket APC, pengguna juga bisa memilih ASUS Battery Service Package (BSP),” terang Firman.
Paket ini adalah layanan untuk memperpanjang masa garansi baterai melebihi garansi standar.
“Dengan BSP, Anda akan mendapatkan penggantian baterai jika baterai laptop Anda terbukti mengalami kerusakan (cacat produksi). Anda berhak mendapatkan satu kali penggantian baterai setiap tahun jika baterai mengalami kerusakan selama masa perpanjangan,” jelasnya lagi.
Bagaimana, bikin makin tenang ‘kan dengan adanya masa garansi yang lebih panjang untuk pengguna laptop premium ASUS Zenbook, ProArt, Vivobook S, dan Vivobook Flip!